Beberapa Hewan yang Patut Diteladani

 Dalam hidup bermasyarakat, manusia terkadang salah memposisikan diri atau salah dalam bergaul. Ada beberapa orang yang kurang bisa berbaur dengan baik di masyarakat, sehingga dia dianggap buruk oleh orang-orang disekitarnya.
Manusia diciptakan menjadi pemimpin di dunia, bahkan manusia adalah makhluk paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk ciptaan Tuhan yang lain. Namun manusia juga diciptakan bukan tanpa kekurangan. Banyak sifat yang dimiliki hewan namun tidak dimiliki oleh sebagian orang. Sifat-sifat itulah yang menjadi kekurangan seorang manusia. Tak ada salahnya jika manusia mengambil contoh yang baik dari hewan, meskipun derajat manusia jauh kebih tinggi dibanding hewan tersebut.

Berikut adalah 3 hewan yang patut diteladani oleh manusia dalam hidup bermasyarakat. Hewan tersebut adalah :

Semut

Semua orang pasti sudah mengenal hewan ini dan selalu melihatnya, karena hewan ini memang ada di sekitar manusia. Coba perhatikan dengan seksama kehidupan hewan berkoloni ini. Perhatikan tingkah laku mereka, sikap mereka kepada sesamanya, dan bagaimana hubungan mereka berjalan.
Kita pernah melihat deretan semut berjejer di dinding, di sudut lantai atau bahkan di pinggir jendela rumah kita. Perhatikan deretan mereka, susunannya sangat rapih, konsisten, dan teratur. Jika hal tersebut dimiliki semua manusia, sungguh indah dunia ini. Jalan raya hanya di jalani mobil, kendaraan roda dua lewat jalurnya sendiri, jalur Bus trans Jakarta hanya terlihat dilewati oleh bis tersebut. Trotoar untuk pejalan kaki semuanya hanya dilewati oleh pejalan kaki. Jika hal tersebut terjadi di Jakarta. Semua orang akan betah tinggal di kota tersebut.
Semut jika bertemu atau berpapasan dengan sesamanya saling menyapa, mereka selalu ada waktu untuk melakukan hal itu. Walau mungkin mereka tidak mengenal satu sama lain, karena semut tidak mempunyai kemampuan untuk itu. Jika manusia melakukan hal yang sama. Bayangkan jika di sebuah pusat perbelanjaan setiap orang saling menyapa dengan baik dan sopan, saya yakin hidup ini akan terasa aman dan nyaman untuk semua orang.
Mungkin Anda pernah melihat sepotong roti berjalan di atas lantai. Setelah anda angkat ternyata ada beberapa ekor semut di bawahnya. Hewan sekecil itu bisa mengangkat roti yang berkali-kali lipat jauh lebih besar dari ukuran tubuhnya sendiri. Jika dipikir secara logika itu tak mungkin, tapi semut membuktikannya bahwa semuanya bisa terwujud jika dilakukan secara bersama atau bekerja sama. Manusia patut memiliki sifat tersebut, seandainya hal itu ada dalam diri semua manusia. Dunia ini pasti bersih dan sangat indah, karena semua orang akan bergotong royong menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungannya.

Lebah

Lebah adalah serangga yang mempunyai cairan yang sangat bermanfaat bagi manusia. Cairan tersebut biasa kita kenal dengan madu. Selain menghasilkan madu yang bermanfaat bagi manusia, ada beberapa hal yang harus dan patut kita contoh dari lebah tersebut.
Lebah merupakan serangga mungil yang tidak dibekali akal oleh Tuhan. Akan tetapi mereka mampu menyelesaikan sejumlah pekerjaan besar yang tak terbayangkan sebelumnya. Misalnya membuat sarang yang begitu kokoh. Jika hal tersebut dilakukan oleh manusia dalam membangun sebuah rumah atau gedung, hal tersebut membutuhkan perhitungan dan perencanaan khusus tapi tidak untuk lebah. Hal tersebut mereka lakukan hanya dengan bekerja keras, bekerjasama secara teratur.
Pembagian tugas mereka jelas dan taat dalam melaksanakan bagian mereka masing-masing. Tugas tersebut mereka lakukan secara penuh dan sungguh-sungguh tanpa kesalahan sedikitpun serta tidak memperoleh keuntungan pribadi dari pekerjaan yang mereka lakukan. Bagaimana jika hal tersebut dimiliki oleh manusia, khususnya di Indonesia. Saya yakin tidak akan ada kebobrokan birokrasi di negeri ini. Karena mereka melakukan sesuai aturan dan melakukan pekerjaan masing-masing dengan sungguh-sungguh.
Suatu koloni lebah umumnya terdiri dari lebah pekerja, pejantan dan ratu. Lebah pekerja boleh dikata mengerjakan seluruh tugas dalam sarang. Sejak saat dilahirkan, para lebah pekerja langsung mulai bekerja, dan selama hidup mereka melakukan berbagai tugas yang berganti-ganti sesuai dengan proses perkembangan yang terjadi dalam tubuh mereka. Mereka menghabiskan tiga hari pertama dalam hidup mereka dengan membersihkan sarang. Lebah menjaga kebersihan sarang mereka, agar terhindar dari hal-hal buruk, dan mereka selalu bekerja sama melakukan hal tersebut. Jika sifat itu dimiliki oleh semua orang, dunia ini pasti akan sangat bersih dan sangat nyaman untuk hidup.

Anjing

Kesetiaan seekor anjing tak bisa lagi dipungkiri. Menurut saya dialah sahabat paling setia buat manusia. Menyimak sebuah kisah seekor anjing bernama Hachiko di jepang yang setia menunggu majikannya di stasiun meskipun majikannya tersebut telah meninggal. Itu salah satu contoh kesetiaan anjing pada manusia.
Bagaimana jika manusia punya sifat setia yang sama dengan anjing tersebut. Pasti semuat tugas akan berjalan sesuai dengan yang semestinya. Para pejabat setia pada presidennya, sehingga tidak ada yang menghianat dan menjadi penghancur dikubu mereka sendiri.
Selain itu anjing juga selalu melindungi sesamanya, jika ada anjing kecil yang diganggu binatang lain, anjing yang besar pasti melindungi. Mengutip sebuah film yang berjudul Dalmation. Di salah satu bagian film tersebut, seluruh anjing di kota itu berkumpul untuk membantu keluarga dalmation. Sebenarnya kejadian tersebut memang ada di dunia manusia, bukan hanya di film saja.
Tanpa kita sadari anjing juga bisa hidup berkoloni dan saling melindungi satu sama lain. Contohnya Anjing liar Afrika, anjing tersebut hidup dalam kelompok  yang biasanya didominasi atau dipimpin oleh pasangan yang paling kuat. Betina memiliki anak mulai 2 sampai 20 ekor anak anjing, yang dirawat oleh seluruh anggota kelompok. Anjing-anjing ini hidup sangat sosial dan kelompok mereka dikenal dalam berbagi makanan dan saling membantu bagi anggota yang lemah atau sedang sakit. Dalam berinteraksi sosial, anjing-anjing ini berkomunikasi dengan sentuhan, tindakan, dan vokalisasi.  Semoga manusia mempunyai sifat tersebut, saling melindungi satu sama lain.
Blog, Updated at: 19.23