Perjalanan Ke Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira, Bira, Bulukumba. Kabupaten Bulukumba memang terkenal dengan pantainya yang indah, pasir putihnya yang lembut, dan lautnya yang jernih. Salah satu objek wisata pantai andalan Bulukumba, sulawesi selatan adalah pantai tanjung bira. (lihat foto lain disini)

Selain wisatawan lokal, pantai yang dikelilingi tebing karang tersebut juga banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.  Wisatawan dari mancanagera selalu berdatangan sepanjang tahun, meskipun bukan hari libur atau hari raya.

Untuk menuju ke tempat yang khas dengan pasir putihnya yang halus tersebut anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dengan lama perjalanan kurang lebih lima setengah jam dari pusat kota makassar. Secara geografis, letak pantai bira berada di paling ujung selatan Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba yaitu sekitar 40 km dari Pusat Kota Bulukumba, atau 200 km dari Kota Makassar.

Lebih jelasnya, saya akan mendeskripsikan rute perjalanan yang akan dilalui dari Kota Makassar sampai lokasi wisata pantai bira. Harga yang tercantum dalam tulisan ini adalah harga terbaru per september 2014. 

  1. Perjalanan dimulai dari Bandara Sultan Hasanuddin, kemudian menuju terminal Mallengkeri Makassar yang bisa dituju dengan beberapa pilihan, yaitu dengan naik taksi, Ojek, atau naik angkot juga bisa. 
  2. Biaya angkutan umum dengan menggunakan taksi sekitar Rp. 150.000, 
  3. Naik ojek sekitar Rp. 80.000 
  4. Sedangkan jika naik angkutan umum (pete-pete) biaya hanya sekitar Rp.30.000 dengan beberapa kali berganti pete-pete.
  5. Selanjutnya untuk menuju ke Kota Bulukumba dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum berupa mobil Kijang, Panther, innova, atau mobil lain yang sejenis. Tarif angkutan umum dengan kapasitas penumpang sepuluh orang tersebut berkisar antara Rp. 45.000 hingga Rp. 55.000. Tarif sebenarnya seragam diangka Rp. 45.000, namun ada beberapa sopir yang meminta bayaran lebih dari itu. Sebagai saran, sebaiknya Anda menanyakan harga terlebih dahulu, sebelum naik ke mobil mereka. 
  6. Selain angkutan umum dari mallengkeri, anda juga bisa menggunakan jasa travel BMA dengan tarif Rp.90.000. BMA menggunakan kendaraan minibus berkapasitas delapan penumpang dengan kelas eksekutif. Travel yang berlokasi di jl. veteran utara makassar tersebut memberangkatkan armada setiap dua jam, mulai dari jam 7 pagi sampai dengan pemberangkatan terakhir yaitu jam 7 malam waktu indonesia tengah. Perjalanan dari Terminal Malengkeri/BMA menuju pusat kota bulukumba bisa ditempuh dalam waktu sekitar empat jam.
  7. Kemudian dari Pusat Kota Bulukumba, perjalanan dilanjutkan ke Lokasi Wisata Tanjung Bira. Lokasi wisata tersebut berada di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit perjalanan. Moda transportasi yang digunakan adalah pete-pete dengan tarif berkisar antara Rp.11.000 sampai – Rp.15.000. Pete-pete ada sampai sore hari yang berangkat dari terminal kota bulukumba, jl. sam ratu langit. Pilihan lain yang bisa digunakan adalah dengan menyewa mobil dengan tarif sekitar Rp. 250.000 selama 24 jam. Jika menyewa mobil, anda akan lebih leluasa untuk berkeliling mengunjungi objek wisata pantai yang lain seperti pantai bara, pantai samboang, atau tebing apparalang.
Biaya tiket masuk ke lokasi Pantai Tanjung Bira sebesar Rp.10.000 untuk dewasa dan Rp. 5.000 untuk anak-anak. Kawasan wisata Pantai Tanjung Bira dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti restoran, penginapan, villa, bungalow, dan hotel dengan tarif mulai dari Rp.150.000 hingga jutaan rupiah per malam. Di tempat ini juga terdapat persewaan perlengkapan diving dan snorkling dengan tarif yang beragam. Selain itu, jika anda ingin berkeliling di sekitar pantai, tersedia persewaan motor dengan tarif Rp.65.000 dan ada juga kapal yang bisa anda gunakan apabila ingin berkeliling melihat jernihnya laut atau ingin mengunjungi pulau liukang untuk melihat tempat penangkaran penyu.
Di Pantai tanjung bira, pengunjung bisa berenang dan bermain pasir sambil menikmati sunset yang sangat cantik. Laut bersih, air jernih, dan pasir putih yang halus dengan background karang membuat pantai tanjung bira menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi. 
Masih dalam lokasi wisata tanjung bira, bulukumba juga mempunyai pantai lain yang tak kalah indah dari pantai bira. Pantai tersebut adalah Pantai Tanjung Bara. Pantai tersebut sangat eksotis dengan pasir putih yang lembut bak tepung terigu. (lihat foto disini)

Fasilitas di pantai bara masih belum banyak, tapi itu tidak membuatnya sepi pengunjung. Penyebabnya karena jarak dari pantai tanjung bira hanya sepuluh menit dengan kendaraan bermotor, atau 30 menit berjalan kaki. Tak ada transportasi umum dari tanjung bira ke tanjung bara, oleh karena itu Anda harus menyewa kendaraan jika ingin mengunjungi pantai baru yang mulai dicintai oleh wisatawan lokal maupun mancanegara itu.

Selain pantai tanjung bira dan tanjung bara, lokasi lain yang tak boleh dilewatkan adalah tebing apparalang (lihat foto disini). Tempat tersebut memang belum dibuka sebagai lokasi wisata oleh pemerintah kabupaten bulukumba. Namun karena pemandangannya yang sangat menakjubkan, banyak wisatawan lokal yang mendatangi tempat tersebut. Jalan yang sempit dan rusak tidak membuat niat mereka surut untuk menyaksikan salah satu keindahan alam bulukumba. Tebing Apparalang berada di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari.

Jaraknya sekitar 20 Menit dari Pantai Tanjung Bira atau 60 menit dari pusat kota bulukumba dengan kendaraan bermotor. Tidak ada transportasi umum menuju tebing apparalang. Pete-pete hanya bisa digunakan sampai desa ara, oleh karena itu untuk menuju tebing apparalang sangat disarankan menggunakan mobil atau motor sewaan.
Blog, Updated at: 16.23